Friday, November 29, 2013

Khasiat dan Gambar Tanaman Obat Tradisional Sirih Merah

Tips kesehatan tentang gambaran dan khasiat tanaman obat tradisional daun sirih merah.  Tanaman obat siri merah mempunyai kegunaan antara lain sebagai antikanker (penyakit kanker) dan antiseptik (mematikan kuman).  Pada postingan sebelumnya tentang Jenis tanaman obat herbal untuk penyakit flu burung bahwa peneliti IPB menggandengkan sirih merah ini dengan tanaman obat sambiloto untuk preventif penanggulangan flu burung, yang berarti bahwa sirih merah termasuk tanaman obat yang memiliki khasiat yang sangat bagus.



Khasiat dan Gambar Tanaman Obat Tradisional Sirih Merah


Gambar daun sirih obat tradisional


Bentuk Tanaman obat tradisional sirih merah hampir persis sama ukuran dan bentuk daunnya dengan sirih biasa (atau sirih hijau). Hanya saja sirih merah warna daun bagian atas ada warna bercak-bercak merah, dan warna bagian bawahnya polos warna merah kecoklatan. Sirih merah rasanya sangat pahit, sementara sirih hijau tidak ada rasa pahit. Masyarakat umumnya lebih mengenal daun sirih hijau. Tetapi daun sirih merah juga tidak terlalu sulit didapat karena sebagian masyarakat juga menanamnya di pekarangan atau di pot. Daun sirih juga bisa didapat di pasar, yang biasanya dijual oleh penjual rempah-rempah, bunga, dan tepung bedak tradisional.

Lebih lanjut, siri merah berkhasiat menyembuhkan berbagai penyaki yaitu diabetes miilitus, mencegah hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

Khasiat tanaman obat sirih merah dalam menyembuhkan penyakit disebabkan karena mengandung sejumlah senyawa aktif, antara lain : 
  • flavonoid dan polevenolad:  yaitu zat yang bersifat antioksidan, antidiabetik, antikanker, antiseptik dan antiinflamasi. Sedangkan senyawa alkoloid mempunyai sifat antineoplastik yang juga ampuh menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  • Alkaloid: yaitu bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari sistem heterosiklik. sehingga sirih merah dapat digunakan untuk mengobati diabetes dan menurunkan hipertensi.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di dalam daun sirih merah berupa:
  • Minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada. Karvakrol bersifat desinfektan, antijamur, sehingga bisa digunakan sebagai obat antiseptik untuk menghilangkan baru pada mulut dan keputihan.
  • Eugenol bisa mengurangi rasa sakit, dan tanin mengatasi sakit perut. Sirih merah banyak digunakan di klinik pengobatan herbal sebagai ramuan atau terapi bagi penderita yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimia. 
Demikian tips kesehatan tentang Khasiat dan Gambar Tanaman Obat Tradisional Sirih Merah, semoga bermanfaat.


Share: